Liga Italia Akhir Pekan Ini – Juve dan Roma Harus Membagi Fokus

juvebertorelloafp

Beritabola.com Jakarta – Juventus dan AS Roma takkan cuma memikirkan angka di giornata 14 Serie A pada akhir pekan, tetapi juga laga penting di matchday 6 Liga Champions tengah pekan depan. Tak ayal fokus pun mesti dibagi.

Sampai dengan pekan 13 Serie A, Juve dan Roma tampak kian menjauh dari tim-tim lain; Bianconeri punya 34 poin, unggul tiga angka dari Giallorossi. Napoli dan Genoa (23 poin) menjadi yang berjarak paling dekat dari tim-tim penghuni dua tangga teratas klasemen itu.

Dalam laju menuju Scudetto akhir pekan ini Juve akan melawat ke markas Fiorentina, Sabtu (6/12/2014) dinihari WIB, sedangkan Roma menjamu Sassuolo, Minggu (7/12) dinihari WIB.

La Viola, yang kini menempati posisi delapan, bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata oleh ‘Nyonya Tua’. Dalam dua lawatan terakhir ke Artemio Franchi di Serie A, Juve senantiasa pulang tanpa kemenangan–satu seri dan sekali kalah.

Sementara ‘Serigala Ibukota’ juga tak boleh kehilangan kewaspadaan. Sassuolo, lawan yang bakal dijamu pekan ini, memang baru musim lalu tampil di Serie A tetapi pada pertemuan di Olimpico saat itu Roma dipaksa berimbang 1-1–kendatipun menang 2-0 di markas Sassuolo.

Baik Juve maupun Roma juga mesti mempertimbangkan fakta bahwa beberapa hari setelah laga tersebut mereka akan tampil di Liga Champions, dalam sebuah laga penentu kelolosan; Juve akan menjamu Atletico Madrid dan butuh hasil imbang untuk maju ke babak 16 besar, sedangkan Roma bakal terlibat duel sengit lawan Manchester City dan punya skenario lolos lebih rumit.

Di tengah-tengah keadaan tersebut, bukan tak mungkin ada celah yang bukan cuma bisa dimanfaatkan oleh tim lawan Juve dan Roma pekan ini melainkan juga oleh para rival, secara khusus Napoli dan Genoa yang secara berurutan ada di posisi tiga dan empat. Tetapi giornata ini juga tak menghadirkan partai, yang di atas kertas, akan berjalan mudah untuk keduanya.

Pada hari Minggu (7/12) Napoli akan kedatangan Empoli, salah satu tim promosi musim ini yang sekarang menempati peringkat 13. Saat Empoli masih tampil di Serie A, Partenopei tercatat belum pernah menang dalam lima pertemuan. Empoli tampak kian berbahaya karena baru saja berhasil menyingkirkan Genoa 2-0 di babak empat Coppa Italia, Kamis (4/12) dinihari tadi.

Sementara itu di Comunale Luigi Ferraris Genoa akan kedatangan tim peringkat enam AC Milan. Di Serie A Rossoneri bukan cuma sedang melaju tak terkalahkan dalam tiga pertandingan–dua kali seri dan sekali menang–tetapi juga punya rekor pertemuan bagus atas Genoa; Milan tak terkalahkan atas Genoa dalam delapan pertemuan terakhir, dengan enam di antaranya sukses dimenangi.

Juga ada satu partai lain yang tak kalah menarik di giornata ini, yakni ketika Inter Milan menjamu Udinese dalam duel dua tim yang sama-sama sedang berusaha bangkit; Inter pekan lalu kalah 2-4 dari Roma dan tanpa kemenangan dalam empat laga terakhir di Serie A, sementara Udinese belum meraih kemenangan dalam lima laga terakhirnya di ajang yang sama.

(dtc/krs) Sumber: detiksport