Van der Vaart: Belanda Favorit di Piala Eropa
10 April 2012
FOTO:Getty ImagesBeritabola.com London - Rafael van der Vaart menganggap negaranya, Belanda, sebagai salah satu favorit di Piala Eropa 2012 mendatang. Dengan materi pemain yang timnya miliki, dia yakin Oranje punya kans besar jadi juara.

Belanda menuntaskan babak kualifikasi dengan sangat baik. Tim besutan Bert van Marwijk ini meraih sembilan kemenangan beruntun sebelum akhirnya kalah dari Swedia di laga pamungkas.

Di Polandia-Ukraina nanti, Belanda masuk grup maut. Terundi di Grup B, mereka akan bersua dengan Denmark, Jerman, dan Portugal.

Meski begitu, Van der Vaart tak gentar. Dengan skuad yang berisi pemain-pemain yang top seperti Arjen Robben, Robin van Persie, Wesley Sneijder, dan dirinya sendiri, playmaker Tottenham Hotspur ini optimistis negaranya bisa bicara banyak.

"Belanda termasuk favorit di Piala Eropa mendatang," kata Van der Vaart kepada France Football.

"Kami lebih baik daripada dua tahun lalu dan 2008, saat kami berpikir kami adalah juara setelah mengalahkan Prancis dan Italia," imbuhnya.

"Hal-hal sudah berubah. Pelatih Van Marwijk sudah melakukan pekerjaan yang brilian, memfokuskan pikiran dan level konsentrasi kami. Sekarang kami cuma fokus ke satu hal: kemenangan," ujar eks pemain Ajax Amsterdam dan Real Madrid ini.

"Ini adalah generasi di mana pemain-pemain seperti Van Persie, Robben, Sneijder, dan saya sendiri sudah dewasa. Kalau kami akan memenangi sesuatu sekaranglah waktunya," katanya.
(dtc/mfi) Sumber: detiksport