Jelang APOEL vs Madrid - 'Si Putih' di Ambang Rekor
26 March 2012
FOTO:Getty ImagesBeritabola.com Jakarta - Jika bisa menang di markas APOEL Nicosia, Real Madrid bukan saja memperbesar kans lolos ke semifinal. Madrid juga akan menjadi tim pertama yang sampai ke jumlah kemenangan ke-200 di kancah itu.

Saat ini Madrid sudah mencatatkan 199 kemenangan di Liga Champions dan format lamanya. Jumlah itu sendiri sudah merupakan jumlah terbanyak di antara klub-klub lain di Eropa.

Jika bisa memetik kemenangan dalam partai leg I perempatfinal di GSP Stadium, Rabu (28/3/2012) dinihari WIB, Madrid pun bisa semakin berbangga diri dengan menjadi tim pertama yang sampai ke kisaran 200 kemenangan.

Lawatan ke Siprus itu sendiri juga dicatat sebagai yang pertama untuk El Real, kendati sebelumnya sudah pernah dua kali menghadapi klub asal negara tersebut.

Berikut data dan fakta laga APOEL vs Madrid, seperti dilansir Reuters.

APOEL NICOSIA V REAL MADRID
Pertemuan: Belum pernah berhadapan
Topskorer Liga Champions musim ini:
- Ailton/Gustavo Manduca (APOEL) 3
- Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 6

* APOEL, tim kejutan musim ini dan juga tim Siprus pertama yang sampai di perempatfinal kancah Eropa, kali pertama tampil di Eropa dalam Piala Winners 1963-64. Kekalahan telak 1-16 yang pernah mereka alami di kandang Sporting Lisbon masih tercatat sebagai rekor di kompetisi klub Eropa. APOEL juga kebobolan 10 gol atau lebih sebanyak tiga kali di dalam sembilan penampilan pertamanya di Eropa, dan juga masih menjadi satu-satunya tim yang pernah kebobolan dua digit sebanyak tiga kali.

* Pertahanan APOEL sudah jauh membaik saat ini. Di dalam 20 penampilan terakhir di Eropa, APOEL kebobolan 13 gol dan juga baru satu kali kalah dalam 11 penampilan di kandang.

* APOEL, yang akan memainkan partai ke-50 di Liga Champions--termasuk format lamanya--belum pernah mengalahkan tim Spanyol dalam 10 pertemuan. Tetapi mereka mampu meraih empat hasil imbang dari lima pertemuan di kandang sendiri.

* Dari 19 pemain yang jadi starter untuk APOEL di Liga Champions musim ini, hanya tiga orang yang berasal dari Siprus, yaitu Kostas Haralambidis, Nectarios Alexandrou dan Athos Solomou, yang kesemuanya pemain tengah. Sebaliknya, ada enam pemain Brasil yang mereka andalkan jadi starter dalam periode yang sama, termasuk topskorer klub Ailton dan Gustavo Manduca.

* Madrid, yang tidak terkalahkan di dalam sembilan pertandingan Liga Champions, bisa menjadi tim pertama yang mencatat 200 kemenangan di Liga Champions--termasuk format lamanya. Ini akan menjadi penampilan ke-344 Madrid di kompetisi papan atas Eropa.

* Madrid sudah mencetak setidaknya enam gol di dalam setiap empat pertandingan yang mereka jalani lawan tim asal Siprus, tetapi kesemuanya terjadi lebih dari 40 tahun lalu. Madrid pernah mengalahkan AEL Limassol dengan agregat 12-0 di musim 1968-69 dan Olympiakos Nicosia 14-1 musim berikutnya. Tetapi di kedua pertemuan tersebut, seluruh leg dimainkan di Madrid sehingga El Real pun belum pernah tampil di Siprus.

* Madrid belum kalah di laga tandang Liga Champions selama dua musim terakhir. Kekalahan tandang terakhir 'Si Putih' adalah kekalahan 0-1 dari Lyon pada musim 2010 lalu.

* Cristiano Ronaldo sudah bikin 19 gol dari 24 penampilan Liga Champions untuk Madrid, termasuk lima gol dalam tiga partai terakhirnya. Ia mencetak masing-masing dua gol di dalam enam pertandingan, tetapi belum bisa bikin trigol di dalam 76 penampilan Liga Champions, untuk Madrid maupun Manchester United yang sebelumnya ia bela.
(dtc/krs) Sumber: detiksport